PENGERTIAN DAN CARA MENGGUNAKAN GOOGLE TRENDS

Mengenal GOOGLE TRENDS, Manfaat Serta Cara Menggunakannya - Mungkin Google Trends masih asing bagi anda, terutama bagi StartUp maupun blogger pemula. Salah satu produk aplikasi dari Google ini, banyak digunakan oleh para pakar bisnis maupun pembuat konten blog dalam menemukan kata kunci yang sedang poluler di dunia terutama internet.

Apa itu Google Trends dan kegunaannya untuk apa? mungkin ini yang menjadi pertanyaan bagi mereka yang baru mendengar mengenal aplikasi tool ini, lalu bagaimana cara menggunakannya? Google Trends adalah alat atau mesin pencari yang dapat membantu blogger, marketer maupun seseorang dalam mencari tahu seberapa banyak orang mencari kata kunci yang dipakai dan dari mana asal orang yang mencari kata kunci tersebut.

Menurut id.wikipedia.org, Google Trends merupakan merupakan grafik statistik pencarian Web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah atau bahasa. Berita-berita terkait topik yang menjadi tren juga ditampilkan di sini.

Dengan cara melakukan pencarian tren yang terjadi pada kurun waktu tertentu melalui penelusuran yang dilakukan menggunakan Google Trends, memungkinkan seseorang melakukan penelitian terhadap topik yang banyak diminati di internet. Berselancar di Google Trends untuk melihat trending topic Google, akan memudahkan blogger maupun StartUp melakukan reset kata kunci dari topik yang trending on Google Search.

Cara Menggunakan Google Trends


Saat melakukan penelusuran di Google Trends, Anda memiliki opsi untuk menetapkan empat variabel atau parameter, seperti:

  1. Worldwide. Pada menu ini anda dapat memilih pencarian dengan memfokuskan Negara.
  2. Periode (Past 12 months). Di sini ada dapat memilih waktu, seperti 2004 - sekarang, 5 tahun yang lalu, 90 hari yang lalu, 30 hari yang lalu, 7 hari yang lalu, sehari yang lalu, 4 jam yang lalu, dan sejam yang lalu.
  3. Kategori (All categories). Pada ketegori ini anda dapat memilih kategori seperti, Arts & Entertainment, Autos & Vehicles, Beauty & Fitness, Books & Literature, Business & Industrial, Computers & Electronics, Finance, Food & Drink, Games, Health, Hobbies & Leisure, Home & Garden, Internet & Telecom, Jobs & Education, Law & Government, News, Online Communities, People & Society, Pets & Animals, Real Estate, Reference, Science, Shopping, Sports dan Trevel.
  4. Google Pencarian Topik (Web Search). Pencarian ini mencakup gambar, berita, produk, dan YouTube.


Tips:
  • Untuk mengefisiensikan pencarian, anda membandingkan hingga beberapa istilah penelusuran atau pengelompokan sekaligus, dan batas maksimalnya adalah 25 istilah penelusuran di setiap pengelompokan.
  • Gunakan "atau" dengan menggunakan tanda + di antara istilah penelusuran.


Sebagai contoh anda akan membandingkan beberapa topik dengan kelompok seperti dibawah ini:
  • Gadis + Ibu + Wanita (Pengelompokan 1)
  • Cantik + Sexy + Mulus + Putih (Pengelompokan 2)
  • Bahagia + Sedih + Lucu (Pengelompokan 3)

Maka Statistik Trending topic yang akan tampil pada Google trends akan seperti gambar berikut:



Dari grafik yang diperlihatkan bahwa dalam periode selama 12 bulan, pengelompokan 2 mengalami penurunan yang sangat signifikan terhadap tren yang terjadi pada pencarian Google, walupun begitu kelompok 2 masih lebih memiliki tren yang tinggi dibandingkan kelompok 1 dan 3.

Dari hasil pendingangan kata kunci tersebutlah, anda dapat mendalami lebih detail serta menentukan kata kunci yang sangat tepat untuk StartUp bisnis maupun konten blog anda.
Untuk memulai dengan Google Trends, silahkan kunjungi: https://trends.google.com/trends


Post a Comment for "PENGERTIAN DAN CARA MENGGUNAKAN GOOGLE TRENDS"